Senin, 17 Januari 2011

“Ciri-ciri wanita sholehah”

       Ciri-ciri seperti apakah yang diharapkan seorang laki-laki terhadap wanita zaman sekarang. Jika ditanya seperti itu mungkin bisa dapat dipastikan jawabannya itu pasti tak bisa terlepas dari kata baik, setia, perhatian, anggun dan pastinya dalam hal cantik itu mungkin tidak perlu untuk disebutkan karena memang cantik itu jadi yang paling utama dan tidak mungkin semua orang  akan  melupakan kata cantik itu. Cantik itu merupakan   keriteria yang paling diutamakan akan sebuah cinta dari semua pujaan.
     Tapi, apakah kriteria yang seperti itu yang akan membawa kebahagiaan seseorang. Memang manusia tidak akan munafik khususnya kaum adam bila ditanya mengapa kamu bisa merasa suka terhadap kaum hawa, itu sudah jelas alasannya karena cantik dulu bukan karena hal lain. Setuju kan???
          Namun akankah hanya karena cantik seseorang bisa bahagia dengan kekal. Jawabannya saya teringat akan kata-kata  sule “ooooh tidak bisaaaa”. hehehe
        Saya sangat setuju dari ungkapan sule ““ooooh tidak bisaaaa”. Memang itu tidak bisa, kebahagiaan tidak bisa dilihat dari seberapa cinta mereka bukan pula dari seberapa cantiknya wanita atau seberapa ganteng nya pria itu. Namun penilayan sejati akan seorang wanita muslimah itu bisa dilihat dari kesolehannya wanita tersebut.   Begitu kawan.
         Untuk itu, jika antum-antum ingin mengenal lebih jauh tentang wanita muslimah. Maka antum harus bisa mengenal lebih jauh juga tentang wanita sholehah. Salah satunya bisa dilihat dari ciri-ciri wanita muslimah.    
Simaklah baik-baik tentang sepintas ciri-ciri wanita sholehah !!!
Islam itu merupakan agama proses maksudnya semua hal yang ada didalamnya dan segala sesuatunya  butuh akan sebuah proses, termasuk membentuk wanita yang sholehah juga butuh proses. Islam pula tak pernah memberatkan pada umatnya untuk melaksankan akan kewajiban umatnya apa pun masalahnya pasti selalu ada keringanan untuk bisa melaksanakannya dan untuk membentuk anak atau wanita yang sholehah itu butuh usaha usaha dan perlu di ketahui tidak banyak syarat yang dikenakan oleh Islam untuk seseorang wanita untuk menerima gelar solehah, dan seterusnya menerima pahala syurga yang penuh kenikmatan dari Allah s.w.t. 
Buat calon-calon pemilik gelar sholehah hanya perlu memenuhi 2 syarat saja yaitu: 
1. Taat kepada Allah dan RasulNya 
2. Taat kepada suami 
          Perincian dari dua syarat di atas adalah sebagai berikut: 
    1.    Taat kepada Allah dan RasulNya 
Apakah antum-antum tahu bagaimana mengungkapkan makna taat kepada Allah s.w.t. ? 
ᴥ  Mencintai Allah s.w.t. dan Rasulullah s.a.w. melebihi apapun
ᴥ  Wajib atas kaum hawa menutup aurat 
ᴥ Tidak berhias dan meniru perilaku atau berperangai seperti wanita jahiliah
ᴥ Sering membantu lelaki dalam perkara kebenaran, kebajikan dan taqwa
ᴥ Berbuat baik kepada ibu & bapa 
ᴥ Selalu menyempatkan waktu bersedekah  dalam keadaan susah ataupun senang
ᴥ Tidak berkhalwat dengan lelaki dewasa 
ᴥ Berperilaku baik terhadap tetangga 
    2.    Taat kepada sang suami tercinta 
ᴥ  Memelihara kewajipan terhadap suami 
            ᴥ  Tidak menolak atas ajakan suami dikala ingin tidur 
            ᴥ  Tidak meninggikan suara melebihi suara suami 
            ᴥ  Tidak keluar tanpa izin suami. 
            ᴥ  Sentiasa menyenangkan suami 
            ᴥ  Tidak menunjukan sikap cemberut di hadapan suami. 
            ᴥ  Menjaga kehormatan diri dan harta suaminya selama suami tiada di rumah. 
            ᴥ  Sentiasa memelihara diri, kebersihan fisik & kecantikannya serta rumah tangga 
            ᴥ  Tidak menerima tamu yang dibenci suaminya. 
            ᴥ  Tidak membantah suaminya dalam kebenaran


           SEBAB-SEBAB MERENDAHNYA MARTABAT SEORANG WANITA 

            Sebenarnya puncak rendahnya martabat wanita adalah datang dari faktor dalam. Bukanlah faktor luar atau yang berbentuk material sebagaimana yang digembar-gemborkan oleh para pejuang hak-hak palsu wanita. 
            Faktor-faktor tersebut ialah: 
           1) Lupa mengingat Allah 
            Kerana terlalu banyaknya kesibukan dengan tugas dan kegiatan luar atau memelihara anak-anak, maka tidak heran jika banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya telah lalai dari mengingat Allah. Dan saat kelalaian ini pada hakikatnya merupakan saat yang paling berbahaya bagi diri mereka, di mana syetan akan mengarahkan hawa nafsu agar memainkan peranannya. 
            Allah s.w.t menjelaskan dalam Firman-Nya surah al-Jathiah, ayat 23: artinya: 
" Maka sudahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya sesat berdasarkan ilmunya. Dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya." 

Sabda Rasulullah s.a.w.: artinya: 

"Tidak sempurna iman seseorang dari kamu, sehingga dia merasa cenderung kepada apa yang telah aku sampaikan." (Riwayat Tarmizi) 
            Kita tidak bisa mangatakan kalau Mengingati Allah s.w.t. cukup saja dengan berzikir. Oh tidak bisa, menghadiri majlis-majlis ilmu pun termasuk juga mengingat-Nya.
2) Mudah tertipu dengan keindahan dunia 
            Keindahan alam dunia dan kemewahan yang ada di dalamnya memang sering kali  membuat  orang-orang yang terjebak khususnya kaum wanita. Bukan itu saja, malahan syetan dengan mudah memperalatkannya untuk menarik kaum lelaki agar sama-sama bergelimang dengan dosa dan noda. Tidak sedikit yang sanggup durhaka kepada Allah s.w.t. hanya kerana kenikmatan dunia yang terlalu sedikit. 


Firman Allah s.w.t. di dalam surah al-An'am: artinya:
" Dan tidaklah penghidupan dunia ini melainkan permainan dan kelalaian dan sesungguhnya negeri akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa, oleh karena itu tidakkah kamu berfikir." 
3) Mudah terpedaya dengan syahwat 
4) Lemah iman 
5) Bersikap suka menunjuk-nunjuk. 

“Ad-dunya mata' , khoirul mata' al mar'atus sholich” 
Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah”
By: Nana el_bara




Tidak ada komentar:

Posting Komentar